Alumni Akabri 89 Gelar Baksos, “Pengabdian TNI-Polri, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit”

16

Bidik 86, Tangerang

Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1989 mengadakan kegiatan sosial. Alumni Akabri yang dilantik menjadi Perwira Muda pada tahun 1989 ini, mempunyai Ikatan Alumni yang diberi nama “Altar 89”. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), para Perwira ini mengadakan kegiatan sosial. Kegiatan ini diberi nama “Altar 89 Peduli” dengan tema “Pengabdian TNI-Polri Akabri 89, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit”.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan sejak bulan Juni 2020 ini, salah satunya digelar di Pos Tentara Nasional Indonesia AL Tanjung Pasir, yang berlokasi di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (15/08/20). Di tempat ini digelar penyuluhan kesehatan tentang Covid-19. Penyuluhan diberikan oleh Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) 1 Marinir Pasmar 1, dilanjutkan dengan kegiatan rapid test kepada peserta penyuluhan. Selain itu juga dilaksanakan pembagian paket sembako dan masker untuk masyarakat.
Paket sembako sejumlah 12.000 paket telah disiapkan. Paket sembako tersebut selain di Tanjung Pasir, juga akan didistribusikan ke daerah-daerah pesisir yaitu Sorong, Kupang, Cirebon, Tegal, Cilacap, Kepulauan Seribu dan Banten. Disamping itu juga, dibagikan masker sebanyak 112.000 kepada masyarkat.
Bhakti Sosial (Baksos) ini dihadiri seluruh Alumni Akabri 1989. Selain untuk Bakos, momen ini juga digunakan untuk mempererat tali silaturahmi agar hubungan persaudaraan dan persatuan dari keempat Matra yaitu Angkatan Darat (Akmil), Angkatan Laut (AAL), Angkatan Udara (AAU) dan Polri (Akpol) tetap terjalin.
Dalam filer video yang ditayangkan di tempat acara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, menyampaikan, “Saya menyadari dan sangat bangga dengan adanya gagasan kegiatan produktif di tengah bangsa yang sedang dilanda pandemi Covid-19 ini. Gagasan Baksos Altar 89 ini adalah bagian dari program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mengatasi pandemi  Covid-19, dengan  tema Kesehatan Pulih-Ekonomi Bangkit. Saya sangat berharap, dengan sedikit bantuan ini akan mampu membangkitkan rasa bahagia di kalangan masyarakat, rasa percaya diri masyarakat terhadap lingkungan, sehingga mampu membangun jiwa-jiwa yang lebih sehat, lebih positif dalam menghadapi pandemi ini. Jiwa-jiwa sehat inilah bekal imun yang sangat baik untuk mengatasi pandemi Covid-19. Jiwa-jiwa sehat, semangat tinggi, juga perlu terus kita kembangkan.”
“Semoga kontribusi positif Altar 89 terus menguat dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya sangat berterima kasih sekaligus bangga dan sangat mengapresiasi Baksos Altar 89 ini,” ungkap Kasal.
Bertindak selaku tuan rumah dalam acara ini adalah Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal, Laksamana Muda (Laksda) TNI M Ali. Ketua Altar 89, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rudianto, berkenan memberikan sambutan. Dalam acara ini dilakukan penyerahan secara simbolis sembako kepada masyarakat oleh Ketua Altar ’89, Mayjen TNI Rudianto, Ketua Desta  (Ikatan Alumni Akmil) oleh Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Mochammad Hasan, Ketua Morogama (Ikatan Alumni AAL) oleh Laksda TNI Coky Hutabarat, Ketua Icarus (Ikatan Alumni AAU) oleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Eding Sungkana, Ketua Dharana Lastarya (IKatan Alumni Akpol) oleh Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Risyapudin.
Sedangkan pemberian sembako secara simbolis ke 6 daerah pesisir melalui Pangkalan AL (Lanal) Banten oleh Perwakilan TNI Angkatan Darat (AD)/Mayjen TNI Sapriadi, Lanal Cirebon oleh Perwakilan TNI AL/Asrena Kasal Laksda TNI M Ali, Lanal Tegal oleh Perwakilan TNI Angkatan Udara (AU)/Asrena Kepala Staf AU (Kasau) Marsda TNI Andyawan Martono, Lanal Cilacap oleh Perwakilan Kepolisian Republik Indonesia (Polri)/Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Agus Andrianto, Pangkalan Utama AL (Lantamal) Kupang oleh Ketua Altar ’89/Dep Bid Koordinasi Pertahanan Negara (Hanneg) Mayjen TNI Rudianto, Lantamal Sorong oleh Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.
Para Alumni juga berkesempatan mengadakan foto bersama dan meninjau pelaksanaan sosialisai Covid-19 dan rapid test yang digelar di lokasi.  Pemberangkatan sembako secara simbolis melalui jalur laut dilakukan oleh Ketua Desta, Ketua Morogama, Ketua Altar ‘89, Ketua Icarus dan Ketua Dharana Lastarya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here