Berilah Jawaban Ketika Seseorang Mengucapkan Salam

31
Bidik 86, Jakarta
By: H. Dudung A Sani, SH, M.Ag
Kalau seorang mu’min mengucapkan salam kepadamu, “assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh”, kemudian jawablah olehmu, “wa ‘alaikumus salaamu wa rahmatullaahi wa barakaatuh”.
Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh artinya adalah semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu. Atau semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu/kalian.
Dan sangatlah rugi kalau ada yang mengucapkan salam, kita tidak membalas ucapan salam itu, karena ucapan salam itu adalah sebuah do’a dari seseorang yang mengucapkan salam kepadamu, karena didalamnya berisi kebaikan dan kepedulian dari seorang mu’min kepada saudara mu’min lainnya. Dan pula mengucapkan salam itu adalah sunnah Rasulullah saw dan apabila mengerjakan akan mendapat ganjaran kebaikan dan pahala dari Allah swt.
Dari Imran Ibn Hushain ra berkata,
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi saw, lalu mengucapkan “assalaamu ‘alaikum”. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, “sepuluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, “assalaamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, “dua puluh (kebaikan)”.
Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda:
“Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim.” (HR. Muslim, No. 54).
Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An Nisa’: 86).
Ketahuilah, terdapat dua hukum dalam menjawab salam. Pertama, jika seseorang diucapkan salam ketika ia sedang sendiri, maka ia wajib menjawab salam tersebut, karena menjawab salam dalam kondisi sendiri hukumnya adalah fardlu ’ain.
Kedua, jika suatu kelompok menerima salam maka hukum menjawab salam tersebut adalah fardlu kifayah. Fardlu kifayah artinya, jika seseorang telah menjawab salam tersebut, hal tersebut sudah cukup dan yang lain tidak mengapa jika tidak membalas salam tersebut. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here