Dankormar: Jadilah Perwira yang Tangguh dan Menjadi Kebanggaan Anak Buah serta Satuan

30
Bidik 86, Jakarta
“Jadilah Perwira Kormar yang tangguh dan menjadi kebanggaan anak buah serta satuan kalian,” ucap Dankormar, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), selaku “Corps Chief” pada saat Pembekalan Dankormar kepada Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV kejuruan Kormar Tahun Pelajaran 2019/2020, melalui sambungan Video Conference (VC) di Ruang Rapat Markas Komando Detasemen Jala Mangkara (Rupat Mako Denjaka) Cilandak, Jakarta Selatan (Jaksel), Jum’at (19/06/20).
Pembekalan yang berlangsung virtual melalui sambungan VC ini, diikuti 20 Taruna tingkat IV Korps Marinir (Kormar) yang berada di Rupat Mako AAL, Gedung R. Soebijakto Bumimoro Surabaya, sedangkan Komandan Korps Marinir (Dankormar) beserta Pejabat Utama (PJU) dalam memberikan pembekalan, berada di Cilandak, Jaksel.
Acara pembekalan diawali dengan sambutan Gubernur AAL Laksamana Dua Tentara Nasional Indonesia (Laksda TNI) Edi Sucipto, SE, MM, yang diwakilkan Wakil Gubernur (Wagub) AAL, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi, SE, dilanjutkan pembekalan Dankormar kepada Taruna AAL tingkat IV Kormar.
Dalam pembekalannya tersebut, Dankormar menyampaikan beberapa hal penting yang patut diketahui oleh Taruna AAL yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Letnan Dua (Letda) Mar, antara lain tentang: Sejarah dan Pengabdian Kormar, Tugas Kormar Saat Ini dan Yang Akan Datang, Struktur Organisasi, Gelar Kekuatan, Konsep Gelar Mar Ibukota Baru, Gelar Operasi, Pengenalan Material Tempur, Strategi Operasi Mendukung Perdamaian (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan Pembinaan Kormar.
Di akhir pembekalan, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman sebelum dilantik menjadi Perwira Kormar sebagai berikut: Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) sebagai landasan  moral dalam melaksanakan penugasan dan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, Menjaga profesionalisme dengan senantiasa mengembangkan diri dengan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) sebagai Prajurit pendarat Matra Laut. Ketiga, Senantiasa menjaga karakter, jati diri dan kehormatan sebagai Prajurit petarung Kormar yang pantang menyerah dan tangguh disegala medan. Ke empat, Pimpin anak buah kalian dengan penuh keteladanan baik sikap, ucapan ataupun perilaku yang terpuji. Kelima, Selalu berusaha untuk membina dan memajukan Satuannya menjadi yang terbaik.
Usai pembekalan, Dankormar para Taruna AAL tingkat IV Kormar diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada Dankormar dan PJU, tentang situasi dan perkembangan saat ini dan yang akan datang.
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf Kormar (Kaskormar) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Inspektur Kormar (Irkormar) Kolonel Mar Lasmono, serta para Asisten Komandan (Asdan) Kormar. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here