Danlantamal I: Satgas Covid-19 Lantamal I Berlakukan Protap bagi KRI dan KAL yang Sandar

16
MB86, Belawan
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I, melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pengecekan kesehatan pada Komandan beserta seluruh Personil KRI Barakuda-633 yang baru sandar di Dermaga Markas Komando (Mako) Lantamal I Belawan, Kamis (02/04/20).
Komandan Lantamal (Danlantamal) I, Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia (Laksma TNI) Abdul Rasyid K, SE, MM mengatakan, “Lantamal I melaksanakan tugas dan fungsi pangkalan terhadap KRI yang sedang dan akan melaksanakan operasi, dengan adanya pandemik Corona Virus Desease (Covid-19), Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Lantamal I, akan melaksanakan Prosedur Tetap (Protap) tambahan terhadap kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) yang telah melaksanakan operasi dan sandar di Dermaga Lantamal I untuk melakukan bekal ulang, Protap ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19”.
Sementara itu, Koordinator Satgas Covid-19 Lantamal I, Kol. Laut (P) Tarus Rostiyadi, yang juga menjabat Asisten Operasi (Asops) Danlantamal I menerangkan, “Pelaksanaan Protap terhadap Kapal-kapal yang sandar di Dermaga Lantamal I, akan dilakukan secara cermat dan terus dilaksanakan selama pandemik ini berlangsung. Selain itu, kita akan memberikan sosialisasi kepada Anggota Kapal yang datang, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19”.
Tim Satgas yang terdiri dari gabungan Personil Dinas Kesehatan (Dinkes) Lantamal I dan Rumah Sakit AL (Rumkital) Dr. Komang Makes tersebut, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh Personil KRI Barakuda-633, mengukur suhu tubuh dan memberikan hand sanitizer. Selanjutnya Tim Satgas Covid-19 Lantamal I, melakukan penyemprotan diseluruh bagian vital kapal mulai dari haluan sampai buritan, serta bagian dalam ruangan-ruangan yang berada di KRI Barakuda-633.
Sampai dengan saat ini, Lantamal I sendiri masih memberlakukan protokol pengecekan suhu tubuh, penyemprotan cairan disinfektan bagi siapapun yang akan memasuki dan keluar Mako, yang dilakukan di penjagaan Mako Lantamal I. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here