Diduga Oknum Anggota Polri dari Jajaran Polda Maluku Ditangkap di Bandara Juwata Tarakan karena Terbukti Membawa Narkotika Jenis Sabu

29
MB86, Kota Tarakan
Pada hari Kamis, 27 Februari 2020, pukul 11.50 WITA, bertempat di X-Ray Cabin/SCP 2, ruang tunggu Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara (Bandara) Juwata Tarakan, Jalan Mulawarman, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, telah diamankan 1 orang yang diduga membawa Narkoba jenis Sabu, yang akan berangkat menuju Makassar, menggunakan Pesawat Lion Air JT-675, route Tarakan-Balikpapan-Makassar.
Diketahui, terduga bernama Mario Atihuta, lahir di Siri Sori Amalatu, 22 Maret 1985, beragama Kristen Protestan, berdomisili di Jl. Wolter Monginsidi-Halong, RT. 02/06, Kel. Halong, Kec. Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku dan berprofesi sebagai Anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
Dari Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dimilikinya, tercatat dengan nama Mario Atihuta, berpangkat Brigadir Polisi (Brigpol), dari jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku.
Dari informasi yang berhasil dikantongi awak media, berawal sekira pukul 11.30 WITA, Oknum Brigpol Mario Atihuta tiba di ruang keberangkatan Domestik Bandara Juwata, yang selanjutnya melaksanakan X-Ray di SCP 1. Selanjutnya pukul 11.35 WITA, Oknum Brigpol Mario Atihuta, melaksanakan chek in, untuk keberangkatan menuju Makassar, dengan menggunakan Pesawat JT 675, route Tarakan-Balikpapan-Makassar.
Setelah melaksanakan check in sekitar pukul 11.50 WITA, sang Oknum selanjutnya masuk ke X-Ray Cabin/SCP2, ruang tunggu keberangkatan Domestik Bandara Juwata Tarakan, sambil menunjukkan Boarding Pass kepada Petugas Avsec Bandara, sebelum masuk ke ruang tunggu dan dilakukan body search terhadap dirinya dan memasukkan barang bawaan yang akan dibawa ke Cabin, ke dalam pemeriksaan X Ray Cabin (Petugas SCP 2, Sdr. Rusdi) dan terlihat barang bawaannya ada benda yang dicurigai seperti Sabu yang dikemas di dalam bungkus kacang Garuda (Pilus) dan sdr. Rusdi, meminta agar benda tersebut dikeluarkan untuk dilakukan pemeriksaan secara manual.
Pada pukul 11.55 WITA, Sdr. Rusdi Avsec, menyampaikan kepada Sdr. Abdul Avsec, yang bertugas sebagai body search di SCP 2 ruang tunggu Bandara Juwata Tarakan, untuk memeriksa barang bawaan yang diduga menyerupai Sabu-sabu tersebut. kemudian yang bersangkutan mengeluarkan barang yang lain, namun Sdr. Rusdi mengatakan, bahwa barang yang dikeluarkan bukan barang yang dimaksud. Tiba-tiba sang Oknum langsung lari keluar dan meninggalkan barang tersebut, namun sdr. Rusdi berteriak agar si Oknum ditangkap.
Sekira pukul 12.15 WITA, Oknum Brigpol Mario Atihuta, diamankan oleh Petugas Personil Bantuan Kendali Operasi Pangkalan Udara (BKO Lanud) Anang Busra, Pembantu Letnan Satu (Peltu) Indra dan Avsec Bandara, di X Ray SPC 1. Untuk selanjutnya, setelah barang bawaan diketahui positif Sabu, Petugas Personil BKO Lanud Anang Busra, melaporkan kepada Komandan Lanud (Danlanud) Anang Busra, Kolonel Pnb HKD Handaka, S.Sos, MM.
Berikutnya pukul 12.25 WITA, Oknum Brigpol Mario Atihuta, dibawa ke Kantor Gedung Keamanan Juwata Tarakan, untuk dilakukan pengembangan. Adapun Barang Bukti (BB), adalah sebagai berikut:
a. 56 lembar uang tunai senilai Rp50.000
b. 1 lembar uang tunai senilai Rp100.000
c. Kartu ATM BRI dan BNI
d. Ponsel  Samsung Android
e. Sabu-sabu 488 Gram
Kemudian Oknum Brigpol Mario Atihuta, dibawa ke Kantor Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.
Sebagai catatan:
1. Barang tersebut sudah lolos di SCP 1/X Ray bagasi.
2. Perlu dilakukan pengawasan yang lebih intents di SCP 1, guna meminimalisir adanya barang terlarang termasuk Sabu, untuk lolos ke SCP 2. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here