Dinding Penahan Bendungan Situdam Longsor, Kades Situdam: R 4 Tutup Total, Lainnya Tetap Waspada

8
Bidik 86, Karawang

Awal tahun 2021 diwarnai dengan dinamika alam berupa hujan yang hampir setiap hari mengguyur wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar). Selain itu, ritme hujan yang sangat lebat, tentu saja menjadikan aliran sungai meningkat tidak seperti biasanya.

Bendungan Situdam, merupakan jembatan utama yang menjadi akses penghubung dari arah Situdam menuju Jatisari dan seterusnya, maupun sebaliknya. Jembatan ini sangatlah vital, karena merupakan jalur hilir mudik kendaran roda 4 (R4), roda 2 (R2) dan warga masyarakat pada umumnya.
Gelombang air Bendungan Situdam yang melonjak karena derasnya curah hujan, akibatkan tembok penahan dinding Bendungan longsor seketika.
“Memang benar, tembok penahan dinding Bendungan, ambruk. Selain kondisi jembatan sudah banyak yang retak, sarana pertanian pun akan terganggu. Diperkirakan kejadian tersebut, hari ini, sekira jam 09.30 waktu setempat,” terang Kepala Desa (Kades) Situdam, Iwan Kurniawan, saat dihubungi melalui Telepon Seluler (Ponsel), Minggu, 10 Januari 2021.
Akibat kejadian tersebut, otomatis khusus pengguna R4 tidak bisa lewat melalui jembatan tersebut.
“Tindakan sementara, untuk pengguna R4 total kita tutup, demi keselamatan. Bagi pengguna R2 dan pejalan kaki, masih bisa digunakan, namun tetap hati-hati,” tutur orang Nomor satu di Ds. Situdam itu.
Dirinyapun mengingatkan, khusus kepada warga masyarakat Ds. Situdam, agar senantiasa waspada terkait dinamika alam yang sedang terjadi.
“Selalu berhati-hati, karena apapun bisa terjadi. Kepada warga masyarakat yang berdekatan dengan Bendungan Situdam, waspada selalu. Tak luput kepada para pemanfa’at lokasi yang berdekatan dengan Bendungan tersebut, agar senantiasa kontrol keadaan. Peta pengguna jalan pun, pandai-pandai membaca situasi dan kondisi,” himbaunya, di akhir komunikasi. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here