Disparbud Apresiasi Pop Singer HAPMI Ajang Pencari Bakat Tingkat Pelajar di Karawang

11
Bidik 86, Karawang
Disparbud Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), menghadiri acara Grand Final Festival Pop Singer piala bergilir Bupati Karawang, Minggu (27/09/20), di salah satu Hotel di Jalan Interchange Tol Karawang Barat. Pop Singer antar pelajar SMA dan SMP tersebut digagas oleh Himpunan Artis Penyanyi dan Musisi Indonesia (HAPMI) Kab. Karawang.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Karawang, Yudi Yudiawan, yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Promosi, Dadan Hendrayana mengatakan, Karawang kaya akan seni budaya. Salah satunya seni suara dan musik. Melalui festival yang digelar HAPMI, bisa menggali potensi bibit unggul dalam bidang seni suara dan seni musik.
“Kita harus menggali potensi anak untuk pengembangan diri. Nantinya kita mengetahui bakat anak dan minat anak sesuai bidangnya,” kata Dadan, membacakan sambutan Kadisparbud.
Selain itu, Dadan turut mengucapkan terima kasih kepada HAPMI Karawang, yang telah melaksanakan kegiatan Festival Pop Singer tingkat pelajar di tengah wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), namun tetap dengan Protokoler Kesehatan (Protkes).
“Sebuah tantangan untuk kita semua. Cara baru agar kesenian tetap berlangsung dengan Protkes,” ungkapnya.
Ketua HAPMI Karawang, H. Achmad Djohansyah melalui Sekretarisnya, H. Nandang Hanapi menjelaskan, festival ini salah satu kegiatan merayakan Hari Jadi Kab. Karawang ke-387 tahun.  Sebab itu, merebutkan piala bergilir Bupati Karawang. Pendaftaran dibuka dari 27 Agustus sampai 11 September 2020 dengan total peserta 102.
“Karena pandemi Covid-19, maka Panitia menyiasati peserta dengan mengirimkan video. Nanti dinilai oleh Dewan Juri yang sudah disiapkan Panitia,” kata Nandang.
Ia mengatakan, dari 102 peserta diseleksi menjadi 45 peserta. Diseleksi lagi oleh Juri menjadi 25 peserta. Dan terakhir Grand Final 12 besar peserta, setelah melalukan seleksi beberapa kali.
“Di Grand Final kita ada tatap muka penyeleksiannya, karena sedikit. Namun tetap patuhi Protkes. Cuci tangan, pake hand sanitizer, masker dan cek suhu sebelum masuk ruangan,” jelasnya.
Ditambahkan, peserta yang masuk 12 besar adalah Asri Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cikampek, Reni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Telukjambe, Amanda SMAN 5 Karawang, Widya SMAN IT Mentari Ilmu Karawang, Glory SMAN 3 Cikampek, Ratu Aulia SMK 2 Karawang Barat, Salsa SMP Buah Hati Islamic School Karawang, Ratu Rubi SMPN 1 Karawang Barat, Nurhakiki SMAN 1 Karawang, Ucok Nopal Siregar SMPN 1 Karawang Barat, Dina MP SMPN 2 Jatisari, Cheryl AT SMA Ignatius Slamet Riyadi.
“Tindaklanjut dari HAPMI, akan ada pembinaan teknik vokal, juga yang lain. Nantinya, saat ada event tingkat Jabar dan Nasional, Karawang sudah siap ikut menjadi peserta. Sesuai slogan kami, HAPMI tradisi prestasi untuk mencetak artis dan musisi,” tambah H. Djohansyah.
Pihaknya harapkan, tahun selanjutnya bisa digelar kembali dengan lebih meriah. Tentunya saat kondisi normal, tidak di tengah pandemi Covid-19.
“Kita harapkan tahun depan bisa tatap muka agar lebih meriah untuk piala bergilir Bupati Karawang,” pungkasnya. (Hendi Suhendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here