DPD KAI Banten adakan UKDPA di Pranaya Hotel Tangerang

35
MB86, Banten
Gelombang pertama di awal tahun 2020, Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Banten, yang dipimpin oleh Dr. Zakkaria S Manambe, SH, MH, CIL, MTh, Mis, MPdk, mengadakan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) pada tanggal 29 Februari 2020, yang akan diselenggarakan di Pranaya Boutique Hotel, Tangerang, Banten.
“Pelaksanaan ujian Calon Advokat, berdasarkan amanat Undang-Undang Advokat (UUA) Nomor 18 tahun 2003, yakni pelaksanaan ujian dan tahapan pengangkatan Advokat, dilakukan oleh Organisasi Advokat, sementara pengambilan sumpah dilakukan dihadapan Ketua Pengadilan Tinggi. Jumlah peserta ujian calon Advokat ada sebanyak 25 orang dan ini gelombang pertama di awal tahun 2020,” kata Dr. Zakkaria.
Ketua pelaksana UKDPA DPD KAI Banten, Siti Handayani Herdiyanti, S.Kom, SH mengatakan, sebanyak 25 Calon Advokat tersebut mengikuti ujian.
“Tujuannya adalah sebagai tahapan, agar lebih berkompeten, handal, berkualitas dan profesional, sebagai profesi yang mulia di mata hukum,” terang Siti.
KAI memiliki cara yang berbeda dalam menjaring Advokat. Dimana peserta diuji dulu dan jika lulus, baru menjalani pelatihan Profesi Advokat. Dikarenakan lebih mudah dan hemat biaya bagi para peserta, cara itu, juga akan menghasilkan Advokat yang berkualitas. Peserta dengan lulus ujian, maka ilmu hukum peserta dianggap sudah memadai, tinggal ditajamkan dengan praktek dan memperdalam ilmu hukum.
Profesi Advokat adalah bagian dari Lembaga penegakkan hukum, sehingga dituntut memiliki sikap profesional dalam menjalankan tugas. Juga dituntut mampu membela kepentingan, sekaligus menolong masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum dan wajib memiliki sensitivitas serta kepekaan terhadap ketidak-adilan hukum.
“Untuk UKDPA tahap ke dua, silahkan langsung menghubungi Kantor Sekretariat KAI DPD Banten, di Rumah Toko Direktur Jenderal (Ruko Dirjen) Perkebunan, No. 486 C, Palem Semi, Karawaci, Tangerang–Banten 15139, telp. 087813011992, atau email: sekretariatkaibanten@gmail.com,” jelas DR. Zakkaria. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here