DPMPD Karawang Umumkan BUMDes Terbaik Tahun 2020 Tk. Kabupaten

5
Bidik 86, Karawang
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), mengumumkan juara lomba kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat (Tk) Kabupaten Tahun 2020.
Kepala DPMPD Karawang, Agus Mulyana, SE, MM melalui Kepala Bidang (Kabid) PUEM, Agus Somantri mengatakan, juara pertama lomba itu adalah BUMDes Sejahtera, Ds. Kalijati, Kec. Jatisari. BUMDes ini dengan jenis usaha simpan pinjam, warung sembako, isi ulang galon dan gas, usaha jasa pembayaran listrik dan Pasar Desa.
Kemudian juara kedua BUMDes Cemerlang, Ds. Baturaden, Kec. Batujaya. Jenis usaha simpan pinjam, UEP penetas telur, penyamakan kulit reftil, sewa sintok dan peternakan.
“Sementara juara tiga BUMDes Warga Sejahtera, Ds. Wargasetra, Kec. Tegalwaru. Jenis usaha kerjasama usaha, pertanian melalui gadai lahan sawah, PPOB listrik, Kosipa, pengelolaan air bersih, percetakan, pengelolaan sampah dan jasa penyewaan alat berat,” katanya, Senin (12/10/20).
Agus mengatakan, pengumuman lomba BUMDes pada Kamis, 08 Oktober 2020, di Aula DPMPD. Pelaksanaan lomba dimulai sejak Agustus sampai September. Tiap Kecamatan mengirimkan BUMDes terbaiknya untuk mewakili Kecamatan di Tk. Kabupaten.
Tim yang sudah ditunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) meliputi dari DPMPD dan Pendamping Desa. Tim Juri menilai kinerja BUMDes dari laporan administrasi serta proses pengelolaan.
“Setelah melaporkan adminisrasi, tim kroscek ke lokasi BUMDes. Yang dilaporkan sesuai atau tidaknya. Itu menjadi penilaian Juri,” ucapnya.
Ia menambahkan, peserta yang mengikuti se-Karawang diseleksi menjadi enam BUMDes. Selanjutnya diseleksi lagi menjadi tiga besar. Yang masuk tiga besar ada uang pembinaan dari Dinas sebesar Rp5 juta bagi juara pertama, kedua Rp3 juta dan juara tiga Rp2 juta.
“Masing-masing diberikan Thropy dan Piagam Penghargaan. Pengumuman juara ini harusnya dengan seremoni cukup ramai. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, kita gelar sederhana saja,” ungkapnya.
Melalui lomba BUMDes, dapat meningkatkan semangat lagi dalam pengelolaan Usaha Desa. Dua tahun sekali akan digelar kembali. Pihaknya memastikan, juara tahun depan biasa berbeda dari tahun ini.
“Tiga besar juara BUMDes, ini juara baru. Juara tahun lalu kesalip. Artinya, perkembangan BUMDes ada peningkatan signifikan,” terangnya.
Yang masuk tiga besar ini, Agus mengatakan, agar siap-siap mengikuti lomba BUMDes Tk. Provinsi. Satu diantara juara lomba, akan mewaliki Karawang di Tk. Prov. Jabar.
“Jika tahun 2021 diadakan lomba Tk. Prov. Jabar, kita sudah punya BUMDes yang diikutsertakan dalam lomba tersebut,” tambahnya.
Pihaknya juga berpesan, terus melakukan pengembangan Usaha Desa. Bagi Desa yang belum aktif BUMDes, dapat dikonsultasikan dengan Dinas.
“Yang sudah ada BUMDes, terus dikembangkan sebagai peningkatan perekonomian Desa,” pungkasnya. (Hendi Suhendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here