Gelar Diklat Jurnalistik, Ketua IJP Jabar: Ini Sebagai Bekal Buat Kami

31
Bidik 86, Subang
Puluhan Wartawan Pantai Utara Jawa Barat (Pantura Jabar) yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Pantura (IJP) Jabar, gelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) jurnalistik di Ciater Subang. Hal itu dilakukan guna mempertahankan peran media sebagai pilar demokrasi ke empat di era industri 4.0.
“Ini sebagai bekal buat kami, terutama teman-teman Pengurus IJP Jabar untuk bisa menyongsong perkembangan zaman,” ujar Dede Jaenudin, SIP, Ketua IJP Jabar, Sabtu (25/07/20).
Dia menyampaikan, Pemateri yang mengisi acara tersebut selain dari Praktisi Jurnalis seperti Redaktur Radar Karawang, juga ada Dosen, Hubungan Masyarakat (Humas) PT. Pupuk Kujang, yang merupakan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang.
“Kami sajikan Pemateri yang profesional, agar menjadi motivasi buat para peserta. Sehingga IJP Jabar tidak salah arah dalam menjalankan roda Organisasi,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, bukan hanya kali ini saja, kegiatan serupa akan dilakukan secara berkesinambungan. Terutama yang berkaitan dengan materi kejurnalisan.
“Setelah selesai menggembleng Pengurus, ke depan, kami akan menggandeng lembaga lain untuk memberikan materi soal kejurnalistikan,” imbuhnya.
Sehingga, tambahnya, IJP Jabar bisa melahirkan peran jurnalistik dalam semua lini, termasuk Instansi Pemerintahan, mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten dan seterusnya, termasuk Perusahaan-perusahaan Swasta dan BUMN.
“Jadi nantinya Desa punya Humas yang bisa nulis dan ngambil video ala Jurnalis, termasuk Kecamatan dan Perusahaan-perusahaan,” ucapnya.
Bahkan, semua Desa harus punya website untuk menuangkan berbagai kegiatan termasuk realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dengan demikian, ada keterbukaan informasi tentang penggunaan anggaran Pemerintah sampai level Desa.
“Jadi intinya, kehadiran kita harus bisa dirasakan manfa’atnya oleh banyak orang,” pungkasnya. (War/Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here