HM Fauzan Kamil, Lc, MA, Sosok Muda Calon Kuat Ketum AMPHURI

32
Bidik 86, Jaksel
Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI), bakal menggelar Musyawarah Nasional (Munas) V pada 18-20 September 2020 di Batu, Malang, Jawa Timur (Jatim).
Ada dua agenda penting yang diusung dalam Munas tahun ini. Yang pertama, laporan pertanggungjawaban dari Pengurus AMPHURI. Dan kedua, Pemilihan Ketua Umum (Pilketum) AMPHURI periode 2020-2024.
Untuk Calon Ketua Umum (Caketum) AMPHURI, seperti dijelaskan Ketua Steering Committee Munas V AMPHURI, Bungsu A Sumawijaya, ada lima calon, salah satunya HM Fauzan Kamil, Lc, MA, selaku Wakil Ketua (Waketu) Bidang Umroh.
Menurut Fauzan Kamil, saat ditemui di Kantor Travel Umroh Elteyba, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel), Selasa (28/07/20), alasan yang membuat dirinya mencalonkan diri sebagai Ketum AMPHURI adalah diperbolehkannya bibit-bibit muda yang berprestasi untuk maju mencalonkan diri sebagai Ketum dan ingin menjadikan AMPHURI lebih global lagi.
”Ini sistem yang sangat bagus, sehingga anak muda seperti kami bisa maju untuk mencalonkan diri,” ujar Fauzan.
Fauzan maju dengan mengusung motto GSM.
”G-nya adalah Global, S-nya adalah Sinergi dan M-nya adalah Muda,” jelas Fauzan.
Untuk G-Global, Fauzan memilih motto tersebut dikarenakan sebelum di AMPHURI, Fauzan memiliki jaringan yang sangat besar di internasional. Atas dasar alasan itulah dirinya ingin mengembangkan lagi AMPHURI sehingga lebih Global dan dikenal hingga seluruh dunia.
S-Sinergi, motto ini diambil dikarenakan dirinya ingin mensinergikan antara yang tua dan muda di dalam kepengurusan AMPHURI. Sehingga yang senior tidak merasa dilangkahi dan yang muda tidak merasa ditinggalkan.
M-Muda, motto ini digunakan karena banyak sekali anak muda yang berprestasi yang bisa menjadikan AMPHURI lebih maju lagi.
Untuk memuluskan langkahnya sebagai Ketum, Fauzan menggandeng Amin  Balubaid, Owner dan Direktur Utama (Dirut) Travel Balubaid sebagai Ketua Tim Sukses (Timses)-nya.
”Saya memilih Amin dikarenakan sudah berpengalaman di Organisasi,” ucap Fauzan.
Fauzan juga pada saat ini tengah melakukan silaturahmi dengan Anggota AMPHURI guna mendengarkan keluh kesah dari mereka, sehingga ketika dirinya menjadi Ketum, bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.
Terkait dengan resesi global yang diakibatkan pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Fauzan mengatakan, insya Allah jika dirinya dipercaya sebagai ketum, akan secepatnya membentuk kepengurusan dengan orang yang tepat dan berdiskusi dengan semua Anggota terkait cara membangkitkan kembali usaha Travel Umroh dan Haji yang sedang terpuruk ini. Dirinya juga akan memperkuat Koperasi AMPHURI sehingga bisa bermanfa’at bagi para Anggota. Tak hanya itu, pelatihan-pelatihan mengenai bisnis lain juga akan diberikan sehingga pelaku bisnis Umroh dan Haji bisa menjalankan bisnis yang lainnya.
Fauzan juga tetap aktif melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag), sehingga bisnis Travel dan Umroh bisa kembali beroperasi normal sesuai dengan protokol kesehatan.
Biografi Fauzan
Fauzan lahir di Aceh Tamiang, pada 21 April 1983. Fauzan menghabiskan masa kecilnya di Aceh Tamiang hingga lulus Sekolah Dasar (SD) di tahun 1995. Lepas SD, Fauzan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Islam Al-Irsyad Salatiga Jawa Tengah (Jateng) jenjang Sekolah Menengah Pertama-Sekolah Menengah Umum (SMP–SMU). Setelah lulus dari Pesantren, Fauzan melanjutkan pendidikan di Islamic University of Madinah, Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Lulus S1, Fauzan melanjutkan pendidikan S2 di Universitas yang sama.
Selama kuliah di sana, Fauzan mendirikan Agency Umroh dan Haji. Bekal pengalaman mendirikan Agency Umroh dan Haji inilah yang membuat Fauzan memutuskan membuka Elteyba Tour and Travel pada tahun 2011. Sukses bersama Elteyba, Fauzan mengakusisi Travel Amalia dan Travel zamzam.
Tak hanya itu, Fauzan yang memiliki hubungan dekat dengan instansi di Dalam Negeri dan Luar Negeri, juga dipercaya untuk menjadi Dirut PT. Blang Tamiang (export–import), Dirut PT. Sinergi Usaha Bumiputera (General Trading), Ketua Yayasan Taibah Al-Khoiriyah Indonesia di Bekasi, Pendiri Rumah Qur’an Masyitah binti Utsman di Bekasi, Direktur Marketing Aceh Airways Aceh, sekretaris di Koperasi Amphuri Bangkit Melayani dan Investor aktif di Bursa Saham Indonesia.
Sukses berbisnis Travel dan Umroh serta bisnis lainnya, Fauzan memutuskan untuk bergabung dengan AMPHURI di tahun 2014 dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh tahun 2018. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here