Jamin Keamanan dan Berikan Solusi Kesehatan, Satgas R 300/Bjw Laksanakan Patroli Kampung

23
MB86, Keerom
Satgas Pamtas Yonif R 300/Bjw, Pos Waris, melaksanakan patroli Kampung dan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Kp. Kalifam, Distrik Waris.
Hal tersebut disampaikan Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri Raider (Dansatgas Pamtas Yonif R 300/Braja Wjaya (Bjw), Letnan Kolonel (Letkol) Inf Ary Sutrisno, SIP, dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (05/05/2020).
Masyarakat Papua yang berada di daerah perbatasan, sebagian besar merupakan petani yang aktif setiap harinya melaksanakan berkebun di kebunnya masing-masing, namun dengan merebaknya penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), membuat aktifitas di beberapa Kampung di Papua menjadi berkurang, aktifitas berkebun masyarakat juga terbatasi bahkan jalanan pun terasa sepi setiap harinya.
Masyarakat yang kebanyakan melakukan kegiatan berada di rumah saja, mulai menyampaikan beberapa keluhan kesehatan, yang mulanya mereka aktif untuk berkebun dan berkeringat setiap hari, terpaksa berubah haluan untuk pasif di rumah masing-masing.
Pos Waris merupakan salah satu Pos perbatasan, juga menerima keluhan serupa dari masyarakat, bahwa dengan berkurangnya aktifitas masyarakat, membuat kesehatan mereka menurun. Dengan adanya keluhan ini, Pos Waris mengadakan pemeriksaan kesehatan secara door to door.
Kegiatan ini pun berfokus kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dengan memeriksa tensi dan menyarankan aktifitas selama berada di rumah. Beberapa warga yang diperiksa diantaranya Bapak Pilatus May (68) dan Ibu Yuli May (52) dan lain-lain.
Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, Pos Waris juga melaksanakan patroli Kampung di jalanan yang sepi, guna mencegah adanya Oknum yang memanfa’atkan situasi yang sedang sepi untuk melancarkan tindakan-tindakan yang tidak diinginkan.
Dengan adanya kegiatan positif tersebut, Bapak Ignasius May (48) yang merupakan Tetua adat di Kp. Kalifam, di tempat terpisah mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian terhadap warganya.
Besar harapan dari Bapak Iganasius, agar kegiatan ini dilaksanakan secara berlanjut, sehingga masyarakat terjamin akan kesehatannya. (Red)
Autentikasi
Papen Satgas R 300/Bjw
Lettu Inf Dody Suyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here