Lembur Tohaga Lodaya Ds. Balonggandu, Diresmikan

26
Bidik 86, Karawang
Lembur Tohaga Lodaya adalah salah satu program yang diluncurkan oleh Polres Karawang, dalam upaya penanggulangan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).
Ds. Balonggandu, merupakan salah satu Desa yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut dan pada hari ini, Jum’at (08/01/21), Lembur Tohaga Lodaya yang ada di Desa tersebut diresmikan.
Launching Lembur Tohaga Lodaya, dilaksanakan di Kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang berlokasi di Perum Bumi Cikampek Baru (Cikbar), Ds. Balongggandu, Kecamatan Jatisari. Dalam acara tersebut hadir perwakilan dari Polres Karawang, Komisaris Polisi (Kompol) Adi Fauzi, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Jatisari, Camat Jatisari, Kepala Desa (Kades) Balonggandu, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Kelompok Wanita Tani Cikampek Baru Lestari (KWT CBL) Balonggandu dan Pengurus Karang Taruna.
Kades Balonggandu, Ujang Suhana, dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan banyaknya jumlah penduduk di Desanya, telah menimbulkan sedikit kesulitan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Namun berkat kerjasama yang sinergis antara Aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes) dengan jajaran Satgas Covid-19, semua kendala tersebut dapat teratasi dengan baik.
Selain itu, Ujang Suhana juga menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan renovasi di sejumlah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dengan menyediakan sarana isolasi mandiri dan tenaga medis yang memadai. Hal ini dilakukan, mengantisipasi apabila ruang isolasi yang ada di Rumah Sakit (RS) sudah penuh akibat lonjakan pasien Covid-19.
Sementara itu, Camat Jatisari mengatakan, bahwa sejak Maret 2020, Satgas Covid-19 benar-benar mengalami ujian yang sangat berat, akibat banyaknya warga yang terpapar Covid-19. Namun berkat kerjasama yang baik antara Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dengan para Kades, kesulitan tersebut dapat diatasi. Dan sekarang, sebagian besar warga yang terpapar Covid-19 sudah 90% dinyatakan sembuh.
Kepala Bagian Sumber Daya (Kabagsumda) Polres Karawang, Kompol Adi Fauzi yang mewakili Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Karawang, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas terbentuknya Lembur Tohaga Lodaya di Ds. Balonggandu, sekaligus mengingatkan, jika program ini harus tetap berjalan untuk jangka waktu lama.
Kompol Adi Fauzi pun meminta, agar di setiap Posyandu disediakan ruang isolasi beserta tenaga medisnya. Selain itu, Kompol Adi Fauzi berpesan, agar masyarakat jangan panik atau takut dengan virus Corona ini, yang terpenting warga harus tahu cara pencegahan, penularan, serta mengikuti Protokol Kesehatan (Protkes) dari Pemerintah.
Di akhir acara, Kompol Adi Fauzi melakukan inspeksi ke beberapa sarana yang ada Kantor Bumdes Balonggandu, Kompol Adi Fauzi pun mendapat banyak masukan dari Ketua KWT CBL, Wiwin Winarni dan Fasilitator KWT CBL, Komar Miharja. (Endang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here