Masih Pandemi, Kunjungan ke Lapas Karawang Gunakan Layanan Vicall

23
Bidik 86, Karawang
Sistem kunjungan ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kelas IIA Karawang, Jawa Barat (Jabar) belum dibuka, namun pengunjung masih tetap bisa menggunakan layanan Video Call (Vicall) untuk bertemu dengan narapidana (Napi).
“Di masa pandemi Covid-19, kegiatan pemenuhan hak bagi warga binaan untuk bertemu keluarga secara langsung atau bertatap muka untuk sementara ditiadakan, hal ini dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Sebagai penggantinya, dibuat mekanisme kunjungan Daring atau Vicall. Jadi hak untuk bertemu dengan keluarga tetap diberikan walaupun melalui Vicall,” ucap Kepala Lapas (Kalapas) Karawang, Lenggono Budi, Kamis (03/12/20).
Lenggono menuturkan, sistem kunjungan saat ini di Lapas Karawang, menggunakan Vicall. Dia menjelaskan, kunjungan Vicall ini para pengunjung tetap datang ke Lapas Karawang, namun dibatasi.
“Di dalam ada komputer yang disiapkan (untuk warga binaan), di luar juga ada (untuk pengunjung). Setiap orangnya 15 menit atau kalau ramai, kita akan kurangi waktunya jadi 10 menit,” tuturnya.
Selain kunjungan, pihaknya juga mengawasi ketat kiriman makanan dari luar. Makanan yang masuk akan di cek dan tempatnya diganti.
“Penitipan makanan, kami tidak bisa membatasi itu, tapi ada SOP-nya, kita geledah, tempatnya kita ganti juga,” ujarnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here