Monev BBPPKS dari Bandung Dalam FDS dan P2K2 PKH di Jatisari

31
Bidik 86, Karawang
Monitoring dan Evaluasi Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Kesejahteraan Sosial (Monev BBPPKS) dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) untuk peserta Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH), Kamis, 18 Juni 2020, dilaksanakan di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar). Acara ini dihadiri Tim BBPPKS Bandung Elliyawati, S.St, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jatisari Faizalludin, Koordinator PKH Kab. Karawang H. Asep Juli Hamjah, S.Sos, para Pendamping PKH Jatisari dan seluruh KPM PKH Jatisari, yang bertempat di Aula Kec. Jatisari.
Dalam sambutannya, Korkab H. Asep Juli Hamzah mengatakan, bahwa Family Development Session (FDS) merupakan bagian dari bisnis proses PKH berupa pertemuan kelompok, yang digunakan sebagai wadah pemberian materi-materi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) lewat modul-modul yang bertema sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan PKH.
“Dimana Tujuan utama PKH, yakni untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM, terutama pada kelompok masyarakat miskin. substansial dari adanya FDS dan PKH akan terus memiliki PR atau tantangan untuk menjadikan KPM tidak hanya sejahtera secara lahiriah saja, melainkan secara psikis dan sosial juga,” terang H. Asep.
Elliyawati, S.St, pun mengatakan, jika Monev ini ditujukan guna melihat sejauh mana materi FDS/P2K2 diterima dan difahami oleh para KPM PKH.
“Serta diharapkan para Pendamping dapat sejauh mungkin fokus dan benar-benar mampu membangkitkan kepercayaan diri para KPM dalam menghadapi problematik sosial keluarganya,” papar Elliyawati.
Sebagai program yang bertujuan meningkatkan kemampuan setiap KPM, pandangan serupa dari Pendamping Sosial, Andy Ramdhani, S.Pd.I, agar program dimaksud mampu mengedukasi para KPM dalam meningkatkan kualitas kemampuan memanajemen keluarga.
“Khususnya dalam hal pola pengasuhan anak, meningkatkan pendidikan anak, peningkatan kesehatan anak dan lebih jauh adalah dalam hal pengelolaan management ekonomi keluarga, dimana hal dimaksud disampaikan setiap sebulan sekali di tiap-tiap kelompok peserta penerima PKH dalam penyampaian materi FDS/P2K2,” tegas Andi.
Menurut Dewi Indriany, salah seorang KPM PKH dari Desa Cikalongsari, dirinya sangat merasakan manfa’at FDS/P2K2.
“Saya sangat merasakan manfa’at dari materi FDS/P2K2 yang disampaikan Pendamping, dimana hal tersebut dapat menambah wawasan di keluarganya, terutama dalam hal mengurus keluarganya, baik anak, kesehatan dan pendidikan anak, serta dapat dilihat dari perubahan perilaku si anak setelah mempraktekkan materi-materi tersebut,” tuturnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here