Pemprov Jabar dan 3 Kabupaten Berkomitmen Benahi DAS Cilamaya

5
Bidik 86, Karawang
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dan tiga Kabupaten, yakni Kab. Karawang, Purwakarta dan Subang, berkomitmen untuk membenahi Daerah Aliran Sungai (Das) Cilamaya.
Komitmen itu setelah peninjauan yang dilakukan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, bersama Panglima Kodam (Pangdam) III Siliwangi, Mayor Jenderal Tentara Nasional indonesia (Mayjen TNI), Nugroho Budi Wiryanto dan Komandan Korem (Danrem) 0603/Sunan Gunung Jati (SGJ), Kolonel Inf. Elkines Villando ‎‎dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tiga Kabupaten yang dilintasi Das Cilamaya, di Bendung Barugbug, Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Karawang, Rabu, 04 November 2020.
Rombongan terlebih dahulu melakukan susur sungai, untuk memantau dan mengetahui kondisi sungai Cilamaya. Dari pengakuan warga, setiap musim kemarau tiba, air sungai kerap berubah warna menjadi hitam, diduga tercemar dari limbah industri yang berdekatan dengan sungai Cilamaya.
“Kita canangkan Tim Pencegahan dan Tim Pemantau, yang melakukan observasi. Kita harus pastikan ini bukan seremoni, tapi aksi nyata,” kata Ridwan Kamil.
Gubernur juga berharap, agar kedepan kualitas air sungai Cilamaya membaik, agar bisa dimanfa’atkan oleh masyarakat sekitar DAS. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, TNI siap mendukung dan membantu gerakan aksi nyata DAS Cilamaya.
Ia menuturkan, keberadaan DAS Cilamaya sangat vital bagi tiga Kabupaten, yakni Karawang, Purwakarta dan Subang.
“DAS Cilamaya merupakan potensi kekayaan alam Jabar yang perlu dijaga kelestariannya,” ujar Mayjen Nugroho Budi. ‎(Hendi Suhendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here