Penghuni Rutan Polres Kebumen Tetap Jalani Sidang Lewat Video Call

23
MB86, Kebumen
Situasi pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan dalam proses hukum bagi para tersangka atau terdakwa penghuni Rumah Tahanan Kepolisian Resort (Rutan Polres) Kebumen, kendati berbeda saat memasuki tahap persidangan, sidang dilakukan secara daring atau dalam jaringan, melalui aplikasi video call (vc).
Hal itu sesuai kesepakatan dalam perjanjian kerjasama antara Mahkamah Agung (MA), Kejaksaan Agung (Kejagung) serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia/HAM (Kemenkumham).
Sidang dilakukan di empat tempat berbeda yakni Polres Kebumen, Rutan Kebumen, Kantor Kejaksaan dan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kebumen.
Para tersangka atau terdakwa penghuni Rutan Polres, persidangan tetap dilaksanakan di Polres Kebumen. Tersangka didampingi kuasa hukum, mengikuti sidang di ruang kaca Polres Kebumen secara online.
Kesempatan siang ini, Kepala Polres (Kapolres) Kebumen, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rudy Cahya Kurniawan, meninjau langsung proses sidang yang dilakukan oleh penghuni Rutan Polres Kebumen.
Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, meski dilakukan secara daring, penjagaan dan pengawalan yang dilakukan oleh Polres Kebumen tetap ketat.
“Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Corona Covid-19. Dengan meminimalkan kontak langsung dengan orang lain. Diharapkan para penghuni akan tetap sehat selama pandemi Virus Corona,” jelasnya, pada hari Selasa (12/05/20).
Hari ini total ada tiga sidang pidana umum yang digelar di Polres Kebumen. Meski dilakukan secara daring, semua perkara harus segera diselesaikan walau ditengah wabah Covid-19. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here