Perketat Keamanan saat HUT Kemerdekaan RI ke-75, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 100/PS Laksanakan Patkam

17
Bidik 86, Keerom
Guna mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG), Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 100/Prajurit Setia (PS), secara rutin  melaksanakan Patroli Keamanan (Patkam), sesuai dengan perintah Komando Atas.
Patkam kali ini dilaksanakan oleh Pos Sawiyatami, yang dibawah Pimpinan Letnan Dua (Letda) Inf Juniur Simanjorang, selaku Komandan Pos (Danpos) Sawiyatami, yang dilaksanakan di Kampung Sawiyatami, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Senin (17/08/20).
Di lain tempat, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif R 100/PS, Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq mengatakan, “Langkah dan upaya yang dilaksanakan oleh Pos-pos kami, guna mencegah aksi-aksi kejahatan di wilayah perbatasan serta menutup kemungkinan penyelundupan barang illegal yang dicoba disalurkan lewat jalan-jalan tikus, selain tugas pokoknya mengamankan dan melindungi warga di perbatasan atau sekitaran Pos,” kata Dansatgas.
Dansatgas menegaskan, Patkam tersebut dilaksanakan dengan cara penyisiran di jalan-jalan yang sudah ditentukan.
“Sebelum keberangkatan, Personil Satgas mengeplot peta serta menggunakan kompas guna menuju titik-titik yang sudah ditandai pada saat perintah operasi,” tambahnya.
Sementara itu Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 100/PS, tidak lupa memperhatikan faktor keamanan baik Personil maupun materil, dikarenakan pada pelaksanaan kegiatan Patkam ini bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-75, sehingga perlu pengamanan yang ketat.
Dengan pelaksanaan Patkam rutin ini, diharapkan tidak terjadi hal-hal yang berbau kejahatan atau negatif, yang dapat merugikan masyarakat sekitar perbatasan, terkhusus Warga Negara Indonesia (WNI). (Red)
Sumber:
Penyonif R 100/PS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here