Peserta Diklat dari Dua Wilayah Indonesia Ikuti Diklat Jurnalistik Corona Angkatan Kedua

24
MB86, Indonesia
Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI) kembali menggelar Diklat Jurnalistik Corona yang dilaksanakan secara online bagi wartawan dan masyarakat umum. Diklat angkatan kedua ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai pada hari ini, Rabu, tanggal 15 sampai dengan 17 April 2020.
“Kegiatannya sama seperti kelas online angkatan pertama, akan berlangsung selama tiga hari, sudah dimulai hari ini tadi,” ungkap Agung Jepriyansah, Koordinator Panitia kegiatan, Rabu, 15 April 2020.
Agung juga menyampaikan, bahwa Pendidikan dan Latihan (Diklat) angkatan kedua ini diikuti dua belas peserta yang berasal dari dua wilayah Indonesia, Indonesia bagian barat dan bagian tengah. Mereka adalah M. Abbas dari Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel; Fauzi Amin dari Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim); Yusi Zulfitri dari Sekadau, Kalimantan Barat (Kalbar); Erwin Tulalo dari Jakarta Selatan (Jaksel), DKI Jakarta; Icky C Sudarsa dan Leo Ahmaron dari Bandung, Jawa Barat (Jabar); Sugiyono dari Pacitan, Muhammad Irwan dari Ponorogo, dan Tarsinah dari Surabaya, Jawa Timur (Jatim); Donald Karel Lotulung dari Manado dan Heince Arianto Lolowang dari Bitung, Sulawasi Utara (Sulut); dan Martinus Paru Liwu dari Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
“Alhamdulillah, kali ini peserta berasal dari dua wilayah Indonesia, yaitu dari Indonesia bagian barat, bagian tengah dan timur, masing-masing ada perwakilannya,” jelas Agung yang merupakan Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPWI OKI ini.
Sementara itu, ketika dimintai komentarnya, peserta dari NTT, Martinus Paru Liwu mengatakan, bahwa dirinya merasa senang mengikuti Diklat tersebut.
“Saya sangat senang karena melalui kegiatan ini, saya dapat mengetahui banyak hal terkait pola dan kaidah jurnalistik. Ini merupakan edukasi yang baik,” kata Martinus kepada Pewarta MB86, Rabu (15/04/20).
Sebagaimana dipublikasikan terdahulu, dalam rangka mengisi waktu luang selama masa karantina akibat wabah Virus Corona saat ini, PPWI Nasional menginisiasi sebuah event Diklat Jurnalistik Corona yang dapat diikuti oleh siapa saja. Selain untuk memberi kegiatan bermanfa’at bagi masyarakat, program ini juga dimaksudkan untuk menggalang dana bagi membantu warga yang kesulitan ekonomi sebagai dampak pemberlakuan kebijakan _stay at home_ dan _physical distancing._
Para peserta diklat juga akan mendapatkan Sertifikat Diklat Jurnalistik, setelah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan para narasumber. Materi Diklat yang disajikan adalah: Dasar-dasar Bahasa Indonesia, Cara Praktis Membuat Berita, Editing atau Penyuntingan Artikel dan Cara Praktis Mengunggah Berita di Media Online. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here