Petugas PK Bapas Kelas II Pangkalpinang Laksanakan Proses Penetapan Hasil Kesepakatan Diversi

8
Bidik 86, Pangkalpinang
Petugas Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) Kelas II Pangkalpinang, melaksanakan proses penetapan hasil kesepakatan Diversi terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) inisial FP (13) yang terlibat kasus tindakan asusila, pada tanggal (25/07/20) lalu, di Desa Air Itam, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel).
Setelah mendapatkan hasil penetapan pelaksanaan Diversi oleh Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, PK Bapas Pangkalpinang, bergerak bersama Penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Kepolisian Daerah (PPA Polda) Babel, untuk menyerahkan anak ke Lembaga Pembinaan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial (LPKS Dinsos) Kota Pangkalpinang.
Saat ini pelaksanaan proses pembinaan dan pelatihan ABH di LPKS Kota Pangkalpinang, dilaksanakan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) “Senyum” yang terletak di Jl. Yos Sudarso, RT. 007/002, Kelurahan Gabek Dua, Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang. Rumah tersebut merupakan sebuah rumah singgah yang dikelola langsung oleh Dinsos PPA Kota Pangkalpinang. Rumah tersebut sebelumnya sudah biasa untuk melaksanakan rehabilitasi bagi anak gelandangan dan anak terlantar yang mendapatkan berbagai macam kegiatan pembinaan yang salah satu paling utama adalah shalat wajib berjama’ah lima waktu, untuk penghuni RPS dan beberapa kegiatan keterampilan lainnya.
Di RPS terdapat banyak fasilitas yang dapat dimanfa’atkan oleh para ABH dalam proses rehabilitasi nantinya, seperti dua buah ruang kamar tidur, ruang Televisi (Tv), ruang belajar, dapur, serta terdapat kamar isolasi bagi ABH yang membutuhkan pengamanan ekstra. Di dalam RPS “Senyum” juga terdapat Petugas yang selalu standby menjaga kegiatan penghuninya, di sana terdapat dua orang Petugas Pekerja Sosial (Peksos) dari Dinsos PPA Kota Pangkalpinang, yang akan memberikan berbagai macam kegiatan pembinaan baik secara ilmu pengetahuan umum maupun pengetahuan agama, khusunya bagi para ABH nantinya. Peksos juga memberikan kegiatan pelatihan kebersihan lingkungan dan kebersihan pribadi ABH. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here