Polres Gayo Lues Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020

17
Bidik 86, Gayo Lues
Bertempat di lapangan Apel Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Gayo  Lues, Senin, 21 Desember 2020, sekira pukul 08.00 WIB, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020 Polres Gayo Lues.
Bertindak sebagai Inspektur Apel, Bupati Gayo lues, H. Muhammad Amru, yang dihadiri pula oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Gayo Lues Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Carlie Syahputra Bustamam, SIK, M.H, Komandan Kodim (Dandim) 0113/Gayo Lues Letnan Kolonel (Letkol) inf Yudhi hendro Prasetyo, Wakil Kapolres (Wakapolres) Gayo Lues Komisaris Polisi (Kompol) Muhammad Wali, ST, Komandan Kompi Brigade Mobil (Danki Brimob) Kompi 4 C Gayo Lues Inspektur Polisi Satu (Iptu) Faisal Naim, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Iksan Firdaus, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Nopal, Sp, para Pejabat Utama (PJU) Polres Gayo Lues dan Insan Pers, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kabupaten Gayo Lues.
Kegiatan diikuti juga 1 Pleton Personil (Pers) Kompi Brimob 4 C Gayo Lues, 1 Pleton Pers Polres Gayo Lues, ‎1 Pleton Pers Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gayo Lues, 1 Pleton Pers Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kepolisian Sektor (Bhabinkamtibmas Polsek) jajaran Polres Gayo Lues, 1 Pleton Pers Satuan Intelijen (Satintel), Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) dan Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Gayo Lues, ‎1 Pleton Pers Satpol PP, 1 Pleton Pers Perhubungan.
“Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Selawah Tahun 2020 ini dilakukan, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka Pam perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek Personil maupun Sapras serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya,” terang Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru, saat Apel.
Perayaan Natal dan Tahun Baru, oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) Lantas serta pelanggaran Protokol Kesehatan Corona Virus Desease 2019 (Protkes Covid-19). Oleh karena itu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyelenggarakan Operasi Lilin 2020, yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020-04 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional dan tentunya dengan tetap menerapkan Protkes guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.
Dalam pelaksanaan Pengamanan (Pam) Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 Personil Polri, 15.842 Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta 55.086 Personil instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 Pos Pam, untuk melaksanakan Pam terkait gangguan Kamtibmas juga Kamseltibcar Lantas dan 675 Pos pelayanan untuk melaksanakan Pam di pusat keramaian, pusat belanja, Stasiun, Terminal, Bandar Udara (Bandara), Pelabuhan dan lainnya.
Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi ganguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkoba, pesta Minuman Keras (Miras), aksi perusakan Fasilitas Umum (Fasum), aksi kriminalitas seperti Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas), Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar,  kemacetan dan kecelakaan lantas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, sebagai dampak dari musim penghujan.
Untuk itu, seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif, serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efesien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.
Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, sebagai berikut:
1). Siapkan mental dan fisik, serta jaga kesehatan;
2). Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat;
3). Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melakukan Pam dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfa’atkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021;
4). Laksanakan Pam secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik;
5). Laksanakan penegakan hukum secara profesional, serta bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas;
6). Mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat, demi keberhasilan pelaksanaan Operasi. (Smd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here