Presiden Jokowi Pimpin AKRS di TMP Kalibata

15
Bidik 86, Jaksel
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, pada Senin, 17 Agustus 2020, dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75.
Acara yang berlangsung tepat pukul 00.00 WIB itu, juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Wapres MA), Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.
AKRS tersebut diisi dengan pernyataan Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara (Irup) mengenai penghormatan tertinggi bagi 10.102 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.
Sebanyak 9.131 pahlawan dari TNI dan Polri, 877 pahlawan dari Badan Perjuangan, 51 pahlawan dari tokoh nasional dan 43 pahlawan tidak dikenal, bersemayam di TMP Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel).
Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tak dikenal, baik nama maupun tempatnya dari seluruh pelosok Indonesia, serta turut mendo’akan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.
“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridloan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan, dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujar Presiden.
“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdo’a, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan YME di tempat yang sebaik-baiknya,” imbuhnya.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta dengan do’a bersama yang dipandu oleh Menag Fachrul Razi.
Turut hadir dalam AKRS antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.
Selain itu turut hadir pula Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan (Kastafpres) Moeldoko, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here