RSF Adakan Webinar Peran Strategis Milenial Dalam Pilkada Serentak di Banten

22
Bidik 86, Serang
Rumah Sahabat Foundation (RSF)  kembali melakukan diskusi online atau Web Seminar (Webinar), dengan mengangkat tema Peran Strategis Milenial Dalam Pilkada Serentak Banten 2020.
Pada kegiatan yang dimulai pada pukul 19.30 WIB tersebut, menghadirkan Pegiat Hukum Erry Ayudhiansyah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Nurkyat Santosa dan Tokoh Muda Banten TB Adam Marifat.
Webinar yang diselenggarakan oleh RSF melalui media zoom ini dibagi menjadi dua sesi utama, pada sesi yang pertama para peserta Webinar mendapatkan paparan materi terkait karakteristik pemilih milenial, aturan tentang penyelenggaraan serta tentang peran milenial dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 dari para narasumber, kemudian pada sesi yang selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dilakukan oleh peserta kepada para narasumber yang hadir pada Webinar ini.
Pada sesi pemaparan materi yang pertama diisi oleh TB Adam Marifat selaku Tokoh Milinial Banten.
Dalam pemaparan materinya, Adam mengatakan bahwa sebagai generasi yang melek digital seharusnya para generasi milenial bisa memanfa’atkan untuk memperbanyak khazanah pengetahuan, agar tidak mudah termakan oleh informasi-informasi yang tidak betul atau hoax.
“Saat ini banyak informasi yang tidak valid kebenarannya atau hoax, yang tersebar di medsos. sebagai generasi yang melek akan digital, para milenial seharusnya mampu membendung informasi yang tidak benar yang tersebar di medsos dengan memperbanyak khazanah pengetahuan. Apalagi saat ini bagi generasi milenial bukan hal sulit untuk menambah literasi, kerena semuanya sangat mudah untuk diakses,” ujar Adam (sapaan akrab TB Adam Marifat) dalam acara Webinar tersebut.
Pada sesi pemaparan materi yang kedua, diisi oleh Komisioner KPU Banten, Nurkhayat Santosa.
Menurut Komisioner KPU Banten, pada Pilkada 2020 ini posisi generasi milenial sangat diperhitungkan di semua daerah, terkhusus Banten dan juga generasi milenial adalah bagian penting dari penentu kemajuan dan keberhasilan demokrasi, baik di tingkat daerah maupun nasional.
“Di Pilkada serentak 2020 ini banyak sekali pemilih dari kalangan milenial, jika melihat data Pemilu 2019 pemilih milenial hampir mencapai 40 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar. Dan mereka semua cukup potensial untuk membantu mensukseskan Pilkada serentak 2020,” kata Santosa.
Santosa mengatakan, di Banten ini ada empat daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, dia mengharap generasi milenial Banten bisa ikut berpartisipasi untuk mensukseskan Pilkada serentak di Banten.
“Di Banten kan ada empat daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak 2020. Kota Tangsel, Cilegon, Pandeglang, Serang dan semua di daerah itu memiliki generasi milenial yang cukup potensial untuk membantu mensukseskan Pilkada serentak 2020. para generasi milinial ini bisa berpartisipasi sebagai penyelenggara dan relawan yang mengkampanyekan anti golput dan money politik,” terang Santosa, sebelum mengakhiri pemaparan materinya.
Pada sesi pemaparan materi yang terakhir, ditutup oleh penyampaian materi dari Pegiat Hukum, Erry Ayudhiansyah.
Erry mengatakan, bahwa generasi milinial harus mampu melawan dan membendung praktik-praktik curang dalam politik, dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Generasi Milenial jangan hanya diam saja, namun harus berperan aktif melakukan edukasi kepada masyarakat tentang aturan larang dalam melakukan politik kotor, money politik dan lain sebagainya. Nah, edukasi kepada masyarakat bisa dilakukan secara langsung ataupun via medsos, agar masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas dalam memilih Pemimpin,” tukas Mas Erry (sapaan akrab dari Erry Ayudhiansyah).
Sebelum menutup pembahasan materinya, Mas Ery berpesan kepada para peserta yang notabenenya adalah generasi milinial. Ia mengatakan, bahwa anak muda hari ini adalah Pemimpin selanjutnya, oleh sebab itu para generasi milenial jangan apatis terhadap politik.
“Dalam Pilkada serentak yang akan berlangsung di Banten, peran dari generasi milenial itu sangtlah penting sekali, oleh karena itu generasi milenial terutama di Banten janganlah menjadi generasi yang apatis terhadap persoalan-persoalan yang bersifat politik, sebab bahwa generasi milenial atau anak muda yang ada di dalam forum diskusi ini dan di luar sana, merupakan generasi yang akan menggantikan para Pemimpin yang hari ini sedang duduk memimpin Negeri ini,” terang Mas Erry, saat akan mengakhiri diskusinya.
Webinar yang diikuti oleh 66 peserta dari berbagai daerah yang ada di Banten dan juga luar Banten ini, bukan hanya diikuti oleh kalangan Mahasiswa saja, tetapi juga diikuti oleh Dosen dan masyarakat umum.
Para peserta yang mengikuti acara Webinar ini terlihat sangat antusias dan memberikan respon yang positif. Hal itu nampak dari membludaknya jumlah pertanyaan yang diajukan oleh peserta dalam sesi tanya jawab dalam acara Webinar yang diselenggarakan melalui aplikasi zoom.
Acara Webinar  ini ditutup dengan pengumuman peserta yang mendapatkan hadiah dari RSF dan juga  sesi foto bersama yang dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring). (Red)
Sumber:
Indra Lesmana Bahari/PPWI Serang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here