TNI Kembali Lumpuhkan Anggota KKSB yang Diduga Hendak Serang Pesawat di Bandara Bilorai Sugapa

6
Bidik 86, Papua
Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melumpuhkan Anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang diduga hendak melakukan serangan di Bandar Udara (Bandara) Bilorai Sugapa, Intan Jaya Papua. Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, di Papua, Rabu (07/10/20).
Kapen Kogabwilhan III menjelaskan, bahwa rencana penyerangan Bandara Bilorai tersebut dapat digagalkan oleh Prajurit TNI yang sedang melakukan patroli pengamanan disekitar wilayah Bandara Bilorai.
“Sekitar pukul 08.22 WIT, Prajurit TNI dari Yonif R 400/BR sedang melaksanakan patroli pengamanan Bandara Bilorai, terlihat dua orang mencurigakan bergerak dari arah bawah ke atas menuju Kp. Ugimba dengan cara mengendap-endap,” ujarnya.
Selanjutnya Prajurit yang melihat kejadian tersebut melaporkan kepada Komando Atas dan mendapat perintah untuk terus melakukan pengintaian. Saat sedang melakukan pengintaian terhadap dua orang yang mencurigakan tersebut, Prajurit TNI melihat kedua orang tersebut masuk kedalam semak-semak.
Setelah keluar dari semak-semak disekitar Bandara Bilorai, salah seorang terlihat menenteng senjata laras panjang. Melihat orang yang dicurigai menenteng senjata, Prajurit TNI tidak lantas melakukan tembakan terbidik, namun memberikan tembakan peringatan ke udara untuk menangkap kedua orang tersebut.
Mendapat tembakan peringatan kedua, orang tersebut berusaha melarikan diri, sehingga Aparat melakukan tembakan untuk melumpuhkan. Tembakan diketahui mengenai salah seorang diantaranya di lengan kiri. Usai tertembak, Anggota KKSB tersebut melarikan diri ke arah semak belukar yang ada disekitar Bandara Bilorai.
Hingga saat ini, pasukan TNI terus melakukan pengejaran di daerah sekitar Bandara, untuk menangkap gerombolan KKSB yang sering melakukan tindakan pengacau keamanan, khususnya pesawat sipil yang melakukan penerbangan di Bandara Bilorai.
Kapen Kogabwilhan III juga menegaskan, bahwa kejadian terkait rencana penyerangan Bandara Bilorai membuktikan, bahwa KKSB selalu membuat kekacauan dan penyerangan terhadap objek vital seperti Bandara.
“Gerombolan KKSB secara terorganisir selalu melakukan serangan brutal  terhadap objek vital seperti penembakan pesawat sipil yang sedang membawa penumpang di Bandara. Ancaman terhadap penerbangan sipil selalu dilakukan gerombolan KKSB seperti video viral yang disebarkan oleh salah satu tokoh KKSB,” ungkapnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here